BLANTERTOKOSIDEv102

Kayu Jati atau Teakwood

Kayu Jati atau Teakwood

  

Kayu Jati Kampung

Kayu Jati (teak wood) sudah tidak asing lagi di dunia pertukangan atau woodworking. Kayu Jati sendiri memiliki nama latin Tectona Grandis. Sejak dahulu Kayu Jati sudah dimanfaatkan oleh manusia untuk kebutuhan di berbagai bidang, pada masa VOC kayu jati digunakan untuk pembuatan kapal karena memang kualitas ketahanan kayu tersebut yang sangat baik. Zaman pun berkembang, dan saat ini Kayu Jati banyak dimanfaatkan untuk berbagai bahan kontruksi bangunan rumah, lantai, kusen, perabotan rumah, furniture dan juga kerajinan. 

Kayu Jati yang terkenal bagus berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kayu jenis ini dibedakan menjadi dua yaitu Kayu Jati Perhutani dan Kayu Jati Lokal/kampung. Katu Jati Perhutani dikelola oleh badan usaha milik Pemerintah sedang kan Kayu Jati Lokal/ Kampung berasal dari perorangan yang dikelola di lahan atau kebun sendiri. Tentu saja Kayu Jati Perhutani memiliki kualitas lebih baik daripada kayu jati jenis kampung.

Kayu Jati Perhutani biasa dikenal dengan kayu jati TPK memiliki kualitas serat yang padat dan searah, tidak banyak mata kayu, dan memiliki warna yang bagus karena ditebang diusia yang sudah tua. Sedangkan kayu jati kampung pada usia 10 tahun sudah banyak ditebang  , banyak terdapat mata kayu, warna kayu banyak putihnya, serat kayu kurang padat. Kalau dari segi harga bagaimana? Sudah tentu Kayu Perhutani lebih mahal berbanding lurus dengan kualitas. 

Produk Lainnya