BLANTERTOKOSIDEv102

Mengenal Beberapa Teknik Sambungan Kayu

Mengenal Beberapa Teknik Sambungan Kayu

 


Terdapat beberapa macam teknik sambungan atau joint dalam menyambung kayu yang biasa digunakan. Teknik sambungan yang manakah yang lebih baik dan kuat? mari kita bahas.


1. Butt Woodworking Joint

Teknik ini merupakan teknik sambungan paling sederhana, dengan cara menempelkan masing-masing sisi secara langsung baik dengan lem atau paku. Teknik ini memiliki kekuatan sambungan paling rendah dibandingkan dengan yang lainnya.

2. Half Lap Woodworking Joint
Teknik ini sering digunakan untuk menyambung kayu pada pembuatan storage. Prinsip penyambungan ini dengan memotong 2 buah kayu masing-masing setengah dari tebalnya. Kemudian dilekatkan dengan lem atau paku.

3. Dado Woodworking Joint
Teknik ini dilakukan dengan membuat alur sepanjang kayu yang akan disambung kemudian memasukkan kayu lain kedalam alur tersebut. Biasanya alur dibuat pada tengah-tengah kayu lawan, kemudian dilekatkan atau dipasangkan menggunakan lem atau paku. Fungsi dari alur adalah agar sambungan tidak bisa bergeser sehingga sambungan lebih kuat.

4. Biscuit Woodworking Joint
Nah teknik ini sesuai dengan namanya, bentuk media sambunya serupa dengan Biscuit berbentuk elipse atau oval yang dibuat dengan kayu. Seperti gambar di atas, dua sisi kayu dilubangi dengan alat mortise atau jointer kemudian dilekatkan dengan lem.

5. Bridle Woodworking Joint
Teknik ini dilakukan pada 2 buah kayu dengan membuat mortise dan tenon. Sedikit mirip dengan teknik mortise dan tenon.  Bedanya adalah Mortise dibuat full diujung kayu.
6. Finger Woodworking Joint
Teknik penyambungan yang dibuat serupa dengan jari dan biasanya dibuat square bisa juga berbentuk bulat. Dalam penyambungan ini biasanya media tempel hanya dengan lem.

7. Dovetail Woodworking Joint
Sambungan ekor burung, merupakan salah satu sambungan terkuat dan tersulit. Teknik ini mirip dengan Finger Joint hanya saja bentuk sambungannya dibuat seperti ekor burung. Sambungan ini biasa digunakan untuk menyatukan/ menyambung 2 papan lebar dalam sudut 90 derajat, dan diperkuat dengan lem saja tanpa tambahan yang lain. 

8. Mortise & Tenon Woodworking Joint

Teknik ini adalah salah satu jenis sambungan terkuat dan paling sering digunakan dalam pertukangan. 

Itulah beberapa jenis teknik sambungan dalam dunia pertukangan atau woodworking, semoga bermanfaat. 

Produk Lainnya